KISI-KISI
UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
1. BAHASA
INDONESIA SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca
dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel, berita, iklan,
tabel/diagram, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi,
antologi puisi, cerpen, buku kumpulan cerpen, cerita anak, buku cerita anak,
novel remaja, novel angkatan 20 – 30-an, dan drama)
|
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu
teks.
|
Menentukan
persamaan isi berita.
|
||
Menentukan perbedaan penyajian
berita.
|
||
Mengidentifikasi isi teks
biografi/iklan.
|
||
Menentukan
kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel,
bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
|
||
Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel.
|
||
Mengidentifikasi unsur intrinsik
drama.
|
||
2.
|
Menulis
Menulis
dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan
efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan
pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/
poster, iklan, resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan karya
ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi, pantun, dongeng, cerpen, dan
drama.
|
Menulis
catatan pengalaman pada buku harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
|
||
Menulis
laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis rangkuman.
|
||
Menulis
teks berita sesuai konteks Menulis slogan
sesuai
konteks.
|
||
Menulis
iklan sesuai konteks.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis teks pidato.
|
||
Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca,
pilihan kata.
|
||
Melengkapi
pantun.
|
||
Melengkapi puisi.
|
||
Melengkapi
naskah drama.
|
2. BAHASA INGGRIS
SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Reading (Membaca)
Memahami
makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana
berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif
(narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci,
tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks fungsional pendek berbentuk caution/notice/warning,
greeting card, letter/e-mail, short message, advertisement, announcement,
invitation.
|
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci,
tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci,
tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci,
tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu /informasi rinci,
tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau pesan
moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk narrative.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf/informasi tertentu/informasi rinci,
tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa atau tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk report.
|
||
2.
|
Writing (Menulis)
Mengungkapkan
makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan
recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative
sederhana.
|
Menentukan
kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure
sederhana.
|
||
Menentukan
susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
|
||
Menentukan
susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
|
||
3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan
konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan
berpangkat, aritmetika
sosial,
barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada
bilangan.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami
operasi bentuk aljabar, konsep persamaan linier, persamaan garis, himpunan,
relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta
penggunaannya
dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier
satu variabel.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan himpunan.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan fungsi.
|
||
Menentukan
gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami
bangun datar, bangun ruang, sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan
soal dengan menggunakan teorema Pythagoras.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut,
serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis- garis istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau
hubungan dua lingkaran.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
|
||
Menentukan
unsur-unsur pada bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
|
||
4.
|
Memahami
konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan
ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami
konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
|
4. ILMU PENGETAHUAN
ALAM SMP/MTs
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan
pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan
konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
|
||
Menentukan
penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami
konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam
produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan
besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan
sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau
penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami
konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menjelaskan
gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum
Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan
cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan
peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami
sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan
fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan
terhadap matahari
|
7.
|
Mendeskripsikan
konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mengidentifikasi
atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk
kimia dalam kehidupan sehari-hari.
|
8.
|
Mendeskripsikan
klasifikasi zat, sifat- sifat, dan perubahannya.
|
Menjelaskan
sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
Menjelaskan
perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan
bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia
dan lingkungan.
|
Menjelaskan
bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
|
Menjelaskan
zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian
makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri- cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan
komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan
interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan
usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan
berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12
|
Menjelaskan
sistem organ pada manusia.
|
Menjelaskan
sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan
sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan
sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan
sistem gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan
sistem ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan
sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
||
13
|
Menjelaskan
sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
|
Menjelaskan
respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan
proses fotosintesis melalui percobaan- percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14
|
Mengaplikasikan
konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat
pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Menjelaskan
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
|
Memberi
contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk
hidup.
|
||
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar